Beranda > Berita dan Informasi > Unik Robot Pimpin Gerombolan Ikan

Unik Robot Pimpin Gerombolan Ikan

mstory-Fish_school285.JPG
Apakah ikan cukup pintar untuk membedakan mana ikan asli dan yang replika? Sepertinya tidak. Hal inilah yang ingin coba dibuktikan oleh seorang peneliti bernama Maurizio Porfiri yang tengah mengembangkan robot perenang yang bisa menarik perhatian para ikan, bahkan untuk memimpin gerombolan ikan.
Porfiri adalah seorang profesor di Polytechnic Institute New York University. Tujuan proyeknya adalah menciptakan robot yang dapat membantu ikan menghindari
daerah berbahaya seperti turbin pembangkit listrik.
Robot ikan prototipe ini memang lebih mirip dengan sebuah granat tangan ketimbang sebuah robot pada umumnya. Seperti dikutip detikINET dari Cnet, Rabu
(2/6/2010), selain memimpin kawanan ikan, robot ini diklaim mampu memantau pencemaran atau ganggang di danau walau gaya berenangnya tidak sestabil robot perenang lainnya.
Lalu bagaimana ikan bisa mengikutinya? Rupanya Porfiri menemukan cara bagaimana ikan membedakan mana pemimpinnya atau bukan. Mereka membedakannya dari kecepatan kibasan ekor dan lingkaran yang dihasilkan kibasan itu. Profiri sendiri menerapkan perilaku robot ikan ini berdasarkan prinsip dinamika fluida.
Robot yang terbuat dari polimer ion ini bertindak seperti otot-otot buatan yang diberi tegangan. Pendekatan biomimetik memungkinkan robot berenang secara alami.
Walau prototipe ini masih didukung oleh baterai, Porfiri kini tengah memutar otak untuk menggantikannya dengan gelombang elektromagnetik. Bila ini berhasil, bisa saja nantinya ada robot pemimpin kawanan burung maupun robot pemandu manusia jika terjadi bencana. Kita tunggu saja!

Posted by Wordmobi

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: