Beranda > Berita dan Informasi > Gempa Mempercepat Aliran Gletser

Gempa Mempercepat Aliran Gletser

Selain menyebabkan pergeseran poros Bumi dan mempercepat rotasi, gempa Jepang dilaporkan juga mengakibatkan kecepatan aliran gletser di Antartika meningkat untuk sementara. Biasanya, gletser bergerak 1 meter dalam sehari, tapi kali ini bergerak setengah meter sekaligus saat gempa terjadi.

Pergerakan itu termonitor oleh Jake Walter dari Universitas California Santa Cruz. Bersama rekannya, ia memantau aliran gletser itu dari California menggunakan fasilitas GPS. Walter dan rekannya menemukan, kecepatan aliran es meningkat 2 kali sehari dalam pergerakan yang berlangsung hingga 30 menit.

Peningkatan aliran gletser dilaporkan terjadi di Whillans, Antartika Barat. Aliran Whillands mengalirkan es dari Antartika Barat menuju Ross Ice helf. Walter menganggap fenomena ini menarik meski takkan mengganggu kestabilan aliran es di Antartika.

Gempa besar diketahui bisa menimbulkan gelombang seismik yang diantarkan ke seluruh bagian planet sebelum akhirnya "hilang". Analisis lebih lanjut yang dilakukan Walter menguak bahwa peningkatan pergerakan gletser terjadi tepat saat gelombang sampai di Antartika.

Walter mengatakan bahwa setiap gempa besar bisa mengakibatkan fenomena ini. "Gempa Cile tahun lalu juga memiliki efek yang sama. Sangat menarik mengetahui bagaimana gempa besar memengaruhi pergerakan gletser," kata Walter kepada New Scientist, Rabu (16/3/2011).

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: