Beranda > sharing > Portugal Jual Ronaldo ke Spanyol,Hanya April Mop kah??

Portugal Jual Ronaldo ke Spanyol,Hanya April Mop kah??

>

 

imageTerlilit utang luar  negeri ditambah menurunnya kredit rating, pemerintah Portugal mengambil langkah kontroversial; menjual Cristiano Ronaldo, ke Spanyol senilai 160 juta euro atau sekitar Rp 1,9 triliun!

Parlemen Portugal, pekan lalu menolak sejumlah kebijakan Perdana Menteri Portugal Jose Socrates untuk mengatasi perekonomian Portugal yang diambang krisis, berupa penghematan anggaran. Sedangkan gaji Ronaldo, sampai akhir Januari 2011 lalu mencapai 12 miliar euro, yang mendekati jumlah utang luar negeri Portugal.

Meski pekan lalu sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai perdana menteri, namun Socrates yakin ‘penjualan’ Ronaldo yang kini memperkuat Real Madrid, Spanyol, diyakininya merupakan upaya nyata Portugal untuk menyelamatkan perekonomian.

Tentu saja, sejumlah kalangan di Portugal menolak keras langkah tersebut. Sebagian pengamat sepak bola di sana menyebut langkah itu akan ‘menghancurkan piala dunia’. Ronaldo sendiri dikabarkan sudah menyetujui dan siap menjadi patriot dengan dijual ke Spanyol.

"Itu Gila!" sergah jurubicara Keep Football Pure organisation, yang berbasis di Bruges. "Pemerintahan bodoh itu tidak berpikir. Sekarang tak ada lagi yang bisa menghentikan Qatar untuk membeli (seluruh pemain) di Piala Dunia mendatang. Ini akan menghancurkan piala dunia!" tambah jurubicara yang tak disebut jatidirinya seperti dikutip The Independent.

Tetap saja warga Portugal terbelah. Sebagian menilai langkah penjualan Ronaldo sebagai langkah patriotik. Sebagian lain menilai langkah itu berarti ‘menyerah’ terhadap lilitan utang. Paolo Fril, profesor ekonomi politik di Lisbon University, mengatakan; "Kita sudah dijajah Spanyolselama 60 tahun, dan harus berperang untuk merebut kemerdekaan. Ini bukannya Spanyol menyelamatkan ekonomi Portugal, melainkan kembali menjajah lewat pintu belakang."

Sedangkan di Spanyol, banyak kalangan masih berseberangan. Sebagian melihat Ronaldo tak terlalu dibutuhkan. Apalagi, Spanyol kini menggenggam gelar Piala Dunia dan Piala Eropa sekaligus. "Kalau mau membeli (menaturalisasi) pemain asing, lebih baik membeli Lionel Messi," ujar seorang fans Spanyol.

Kategori:sharing Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: