Beranda > Berita dan Informasi, Unik > Pembuktian Jika Video Alien di Rusia Adalah Hoax

Pembuktian Jika Video Alien di Rusia Adalah Hoax

Di internet saat ini sedang marak dibicarakan seputar beredarnya video yang menggambarkan penemuan mayat alien di Rusia. Disebutkan, alien yang tewas itu ditemukan di kawasan Irkutsk, Siberia yang diselimuti salju tebal.

Alien yang tewas diperkirakan memiliki tinggi sekitar 60 – 90 sentimeter dengan kepala yang besar serta kaki dan tangan yang panjang. Adapun video yang baru diupload 3 hari lalu ke Youtube itu sudah dilihat hingga 4,5 juta kali. Namun banyak yang mempertanyakan keaslian video itu.

Dikutip dari Space, 21 April 2011, pada video itu ditemukan sejumlah petunjuk bahwa video itu merupakan hoax atau cerita bohong.

  • Pertama adalah adegan pembukaan. Perekam video menyorot lingkungan sekitar ditemukannya alien itu untuk menunjukkan pada penonton kawasan ditemukannya alien itu. Teknik ini umum digunakan di industri film. Sebagai contoh, jika Anda menonton film komedi situasi, adegan akan dibuka dengan kamera menyorot bagian luar dari rumah atau apartemen sebelum menyorot akting para pemerannya di dalam ruangan.

  • Berikutnya, juru kamera juga langsung menyorot rekan-rekannya, baru mengambil gambar jejak di salju yang mengarah ke posisi ditemukannya makhluk ‘luar angkasa’ tersebut. Di sini tampak bahwa perekam video sudah tahu bahwa alien itu ada di sana dan bukan ‘menemukannya’ secara tidak sengaja.

  • Lebih lanjut, para pemeran yang berbicara dalam bahasa Rusia terdengar tengah tertawa. Nada suaranya tidak seperti orang yang terkejut atau penasaran karena menemukan benda asing yang sangat tidak lazim.

  • Petunjuk lainnya adalah adegan yang dirancang kurang tepat. Kamera mengikuti jejak di salju yang mengarah ke posisi alien yang menggambarkan bahwa jejak itu merupakan bekas terjadinya kecelakaan pesawat. Namun di sana tidak ditemukan bangkai pesawat ruang angkasa atau tanda-tanda adanya benda asing lain, hanya sepotong mayat alien yang dibuat dalam kondisi dramatis. Misalnya salah satu kakinya yang dibuat seolah-olah terpotong akibat kecelakaan pesawat.

  • Yang mencurigakan lainnya adalah bahwa alien itu tampak persis seperti penggambaran alien di film-film Hollywood atau di kaos, buku komik, dan lain-lain. Kulit alien yang transparan memang memberikan efek yang menyeramkan, namun ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan agar-agar bening dan bagian tubuh hewan yang bisa dibeli di toko daging.

Untuk itu, Life Little Mysteries yang coba meneliti keabsahan video alien itu menyatakan bahwa film tersebut hanya merupakan hoax.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: